Breaking News

Jumat, 27 April 2018

Membuat Objek Titik pada Dev C++ OpenGL

Pada Kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial membuat objek titik pada Dev C++ OpenGL.
Berikut Langkah-Langkahnya :

  1. Klik File > New > Project > OK
2. Setelah New Project akan tampil jenis lembar kerja yang akan digunakan, klik Console Application > OK

3. Setelah itu Save Project, klik Save

4. Klik kanan pada Bar Project, lalu pilih Project Options

5. Pada Project Options, klik Parameters > Linker
          Pada Box Linker ketik -lopengl32, -lfreeglut, -lglu32, lalu klik lah OK

6. Pada lembar kerja akan muncul Script seperti ini,

    7. Kosongkan Script dan ketikan script seperti dibawah ini :
        #include <GL/glut.h> 
        #include <GL/gl.h> 
        #include <windows.h>

        void userdraw () {

        glBegin (GL_POINTS); 
     glVertex2i (150,0); 
     glVertex2i (150,200); 
     glVertex2i (370,200);

        glEnd ();
        }

        void display (void) {
             glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
             userdraw ();
                glutSwapBuffers ();
        }
        int main (int argc, char **argv) {
        glutInit (&argc,argv);
        glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB); 
        glutInitWindowSize (640,480);
        glutCreateWindow ("Membuat Objek Titik");
        glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
        gluOrtho2D (0.,640.,-240.,240.);
        glutIdleFunc (display); 
        glutDisplayFunc (display);
        glutMainLoop (); 
        return 0;
        }

   8. Setelah di ketikkan scriptnya maka akan menjadi seperti ini.


9. Compile dan Run (Execute, Compile & Run) dan output akan terlihat          seperti ini : 

Sekian Cara Membuat Objek Titik pada Dev C OpenGl, Semoga bisa membantu^-^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Intan Putri Ramadhani